MODUL 2 OPTIMISASI EKONOMI
Maksimisasi Nilai Perusahaan
Memaksimumkan
Nilai Perusahaan
Pengambilan keputusan manejerial
adalah proses penetapan pemecahan terbaik yang mungkin untuk satu masalah
tertentu
Keputusan optimal adalah tindakan yang memberikan hasil yang paling
konsisten dengan tujuan pengambilan keputusan.
Para manajer menggunakan alat ekonomi manajerial untuk membantu dalam
proses menemukan tindakan atau keputusan terbaik ini.
Dalam ekonomi manajerial, tujuan utama manajerial diasumsikan sebagai
maksimisasi nilai perusahaan.
Persamaan 2.1
Nilai = t
Memaksimalkan
persamaan 2.1 merupakan pekerjaan yang kompleks, karena mencakup factor-faktor
penerimaan , biaya, ddan diskonto (discount rate) untuk setiap tahun pada masa
yang akan dating. Penerimaan, biaya, dan tingkat diskonto saling berhubungan
satu sama lain sehingga membuat masalah ini menjadi rumit. Penerimaan total
(TR), suatu perusahaan secara langsung ditentukan oleh jumlah produk yang
terjual dan harga jualnya. Ini berarti bahwa TR adalah harga produk (P)
dikalikan dengan kuantitas (Q), atau TR = P x Q . Dalam pembuatan keputusan
manajerial, hal-hal penting yang harus diperhatikan adalah factor-faktor yang
mempengaruhi harga dan kuantitas dan keterkaitan antara factor-faktor tersebut.
Hubungan-hubungan
biaya dalam proses produksi suatu produk dari perusahaan juga kompleks.
Analisis biaya memerlukan pnelahaan system-sistem produksi alternative, pilihan
– pilihan teknologi, kemungkinan-kemungkinan input yang digunakan. Harga-harga factor
produksi berperanan penting dalam penentuan biaya, dan oleh karena itu masalah
penawaran faktor-faktor produksi juga penting untuk dipertimbangkan.
Proses
pengambilan keputusan yang rumit , baik dalam masalah optimisasi terpadu
ataupun parsial terjadi dalam dua tahap. Pertama seseorang harus menyajikan
hubungan ekonomi tersebut dalam suatu bentuk yang bisa dianalisis. Kedua,
seseorang harus menerapkan berbagai teknik untuk menentukan penyelesaian yang
optimal
Metode Penyajian Hubungan Ekonomi
Hubungan
ekonomi seringkali disajikan dalam bentuk persamaan, table dan grafik, Sebuah table
atau grafik mungkin memadai untuk melukiskan hubungan yang sederhana, tetapi
jika hubungannya kompleks maka model persamaan diperlukan agar seseorang bisa
menggunakan alat analisis matematis dan simulasi computer dalam memecahkan
masalah tersebut.
Model Persamaan
Mungkin
cara yang paling mudah untuk mempelajari hubungan ekonomi dan memahami
optimisasi adalah dengan menelaah beberapa bentuk hubungan fungsional yang
berperan penting dalam model dasar penilaian. Perhatikan hubungan antara jumlah
produk yang terjual (Q) dengan penerimaan total (TR). Dengan menggunakan notasi
fungsional, kita bisa menunjukkan notasi fungsional sbb:
TR
= f(Q) (persamaan
2.2)
Persamaan
2.2 tersebut dibaca “penerimaan total (TR) merupakan fungsi dari jumlah produk
yang terjual”. Nilai dari variable dpdenden (TR) ditentukan oleh variable independen
(jumlah produk yang terjual)
Persamaan 2.2 di atas tidak
menunjukkan hubungan yang khusus antara dua variable tersebut., persamaan
tersebut hanya menunjukkan adanya suatu hubungan, Suatu hubungan fungsional
yang lebih khusus diberikan oleh persamaan:
TR
= P x Q (persamaan
2.3)
Disisni
P menunjukkan harga tiap unit yang terjual, dan hubungan antara variable dependen
dengan variable independen ditetapkan secara tepat. Penerimaan total (TR)
selalu sama dengan harga (P) dikalikan dengan jumlah unit yang terjual. Jika
misalkan harga adalah konstan pada RP.150,00 tanpa memperhatikan jumlah unit
yang terjual, maka hubungan antara unit yang terjual dan penerimaan total (TR)
tersebut secara tepat ditunjukkan oleh fungsi :
TR
= Rp.150,00 x Q (persamaan 2.4)
Selain
model persamaan , model table dan grafik seringkali digunakan untuk menyajikan
hubungan-hubungan ekonomi. Ketiga metoda penyajian hubungan tersebut bisa
membantu seseorang ddalam menganalisis data untuk pengambilan keputusan
manajerial.
Tabel 2.1
Hubungan Antara TR dengan
Jumlah unit yang terjual (Q) :
TR = Rp. 150,00 x Q
Jumlah unit
Yang terjual
|
Total Revenue
(TR)
|
1
|
Rp.150,00
|
2
|
Rp.300,00
|
3
|
Rp.450,00
|
4
|
Rp.600,00
|
5
|
Rp.750,00
|
6
|
Rp.900,00
|