Background

RUANG LINGKUP SKB

ab 1. Ruang Lingkup Studi Kelayakan Bisnis 

I.  Pendahuluan 

A.  Deskripsi Singkat 
Bab  1  ini.dimaksudkan  untuk  memberi  pengertian  dasar  tentang  studi 
kelayakan  bisnis  kepada  para  mahasiswa.  Hal-hal  yang  dibicarakan  antara  lain 
pengertian  studi  kelayakan  bisnis  (SKB),  manfaat  SKB,  tujuan  SKB,  lembaga 
pengguna SKB, dan tahap penyusunan SKB. 

B. Standar Kompetensi 
Setelah  mengikuti  kuliah  ini  selama  satu  semester  secara  aktif  mahasiswa 
mampu  menganalisis  dan  mengaplikasikan  berbagai  aspek  dan  teknik  yang 
komprehenship  dan  terintegrasi  dalam  SKB,  serta  mampu  menyusun  suatu  laporan 
dalam rangka meneliti suatu kelayakan suatu proyek bisnis. 

C.  Kompetensi Dasar 
Setelah  mengikuti  kuliah  dengan  materi  ini  (pada  pokok  dan  Sub  pokok 
bahasan) mahasiswa mempunyai wawasan tentang SKB (apa, siapa, kapan, mengapa 
dan bagaimana SKB). 

II. Penyajian 

A.   Ruang Lingkup Studi Kelayakan Bisnis 
Pengertian Studi Kelayakan Bisnis (SKB) 
Yang dimaksud dengan studi kelayakan bisnis adalah penelitian dan penilaian 
tentang dapat tidaknya suatu proyek dilakukan dengan berhasil (menguntungkan). 

Pengertian  menguntungkan  berhasil  atau  layak,  ada  yang  menafsirkan  dalam  arti 
sempit  dan  arti  luas.  Pengertian  arti  sempit,  biasanya  pihak  swasta  yang  lebih 
berminat tentang manfaat ekonomi suatu investasi. 
Pengertian dalam arti luas, biasanya pemerintah atau lembaga non profit  
disamping  manfaat  ekonomi  masih  ada  manfaat  lain  yang  perlu  diperhatikan  dan 
dipertimbangkan. 

Manfaat Studi Kelayakan Bisnis (SKB) 
 Dengan  membuat  suatu  penilaian  terlebih  dahulu  sebelum  melakukan 
investasi  yang  kemudian  dituangkan  dalam  suatu  laporan  secara  tertulis, Manfaat 
yang  bisa  diperoleh  hasil  laporan  studi  kelayakan  bisnis  ini  bisa  digunakan  sebagaipedoman/alat  untuk  mengetahui  sampai  sejauh  mana  kegiatan  investasi  telah 
dilakukan. Pada intinya laporan SKB ini bisa untuk alat pengawasan. 

Tujuan diadakan Studi Kelayakan Bisnis (SKB) 
Suatu  proyek  investasi  pada  umumnya  memerlukan  dana  yang  cukup  besar 
dan  mempengaruhi  perusahaan  dalam  jangka  panjang  karenanya  perlu  diadakan 
suatu  studi  atau  penelitian  dan  penilaian  sebelumnya.  Banyak  sebab  yang 
mengakibatkan  suatu  proyek  ternyata  kemudian  tidak  menguntungkan/gagal.  Sebab 
itu  bisa  berwujud  kesalahan  perencanaan, kesalahan analisa  pasar,  kesalahan  dalam 
memprediksi  bahan  baku, kesalahan  merekrut tenaga  kerja.  Disamping  itu  juga 
karena kesalahan dalam analisa lingkungan. 

Untuk  itulah  studi  tentang  kelayakan  minimal  ekonomis  menjadi  sangat 
penting.  Dengan  ringkas  kita  bisa  mengatakan  bahwa  tujuan  dilakukannya  studi 
kelayakan adalah  untuk  menghindari  keterlanjuran  penanaman  modal  yang  terlalu 
besar untuk kegiatan yang ternyata tidak menguntungkan. 

Hubungan antara Studi Kelayakan dengan disiplin Ilmu Lainnya  
Studi kelayakan dibangun dari disiplin  ilmu lainnya. Tanpa sumbangan  ilmu 
lainnya,  Studi  kelayakan  tidak  mungkin  ada.  Studi  Kelayakan  merupakan  ilmu 
terapan,  sebagai  ilmu  terapan  digunakan  untuk  menyelesaikan  suatu  masalah  dalam 
kegiatan  ekonomi  dan  Studi  Kelayakan  dilengkapi  dengan  berbagai  alat  bantu  yang 
berasal  dari  berbagai  disiplin  ilmu  lain.  Sebagai  contoh  misalnya  untuk  mengetahui 
apakah produk yang dihasilkan dapat diterima pasar atau tidak teori dan ilmunya ada 
di Manajemen Pemasaran, barang dan jasa  yang dihasilkan apakah sudah diproduksi 
secara  efektif  dan  efisien bisa  dipelajari  di  Manajemen  Operasi,  apakah  bisnis  yang 
akan  dijalankan  menguntungkan  atau  tidak  Manajemen  Keuangan  menyediakan 
penghitungan proyeksi laba rugi, arus kas dan rasio-rasio keuangannya.

Kontribusi antara Ilmu Lain dan Studi Kelayakan

Disiplin Ilmu
Bentuk Kontribusi
Manfaat
Pemasaran
1. Analisa permintaan dan 
penawaran 
2. Mencari pasar dan menghitung pasar potensial, permintaan 
 efektif, segmen pasar 
3. Analisis persaingan 
4.  Pemilihan strategi   pemasaran
Untuk mengetahui dan 
menilai apakah produk yang 
dihasilkan dapat diterima 
dan diserap oleh pasar
Manajemen SDM
1.  Struktur Organisasi 
2.  Analisa Jabatan 
3.  Proses Rekrutmen 
4.  Teknik pemberian kompensasi 
5.  Teknik pemberian motivasi 
6.  Masalah pemeliharaan tenaga kerja
Untuk menilai kapabilitas 
tim dan menempatkan orang 
pada tempat yang tepat.
Manajemen Keuangan
1.  Menentukan Modal Kerja 
2. Menentukan Modal Investasi 
3.  Menilai arus kas 
4. Membuat proyeksi rugi laba dan neraca perusahaan 
5.  Mengetahui  tingkat 
pengembalian modal 
6.  Mengetahui  profitabilitas, 
likuiditas, dan rentabilitas usaha 
yang dijalankan
Mengetahui  apakah  bisnis 
yang  akan  dijalankan 
menguntungkan / tidak
Manajemen  Operasi 
dan Produksi
1.  Pemilihan  desain  produk  yang akan diproduksi 
2.  Penghitungan  kapasitas 
perusahaan 
3.  Pemilihan  mesin  dan  teknolog serta  peralaan yang  akan digunakan 
4.  Penentuan lokasi usaha 
5.  Penataan  lay-out  mesin, 
bangunan dan fasilitas lain 
6.  Penghitungan  skala  produksi yang ekonomis
Untuk  mengetahui  dan 
menilai  apakah  barang  dan 
jasa  yang  dihasilkan  sudah 
diproduksi secara efektif dan 
efisien.
Aspek  Hukum Dalam 
bisnis
1.  Memilih  badan  hukum  yang tepat 
2.  Menentukan prosedur pendirian 
3.  Menilai  apakah  usaha  yang akan  dijalankan  melangar ketentuan  UU atau  ketentuan peraturan yang berlaku / tidak
Untuk  menilai  bentuk 
organisasi yang tepa
Ilmu  Sosial  dan 
Lingkungan
1.  Dampak  pencemaran 
lingkungan (Amdal) 
2.  Penyerapan tenaga kerja 
3.  Dampak social
Untuk  menilai  dampak 
pencemaran  dan  pengaruh-nya  terhadap  kondisi  sosial 
masyarakat.

Lembaga-lembaga yang Memerlukan Studi Kelayakan 

Pembuatan  studi  kelayakan  digunakan  untuk  memenuhi permintaan  pihak-pihak  yang  berbeda.  Masing-masing  pihak  mempunai  kepentingan  serta  sudut 
pandang yang berbeda. 

·  Investor 
Pihak  yang  menanamkan  dana  dalam  suatu  proyek  tentunya  akan  lebih 
memperhatikan  prospek  usaha  tersebut.  Prospek  disini  dimaksudkan  keuntungan 
beserta  resiko  investasi.  Gambaran  pospek  ini  sedikit  banyak  tercermin  dari  suatu 
Studi Kelayakan Bisnis (SKB) 

·  Kreditur/Bank 
Pihak kreditur/ Bank memperhatikan segi keamanan dana  yang dipinjamkan. 
Mereka mengharapkan bunga plus angsuran pokok bisa dibayarkan tepat waktu. 

·  Pemerintah  
Pemerintah  terutama  lebih  berkepentingan  dengan  manfaat  proyek  tersebut 
bagi perekonomian nasional. 
Tahap Penyusunan SKB 

Dalam studi kelayakan langkah pertama yang perlu ditentukan adalah : 
·  Identifikasi kesempatan usaha 
·  Perumusan  
·  Penilaian, melakukan penilaian terhadap berbagai aspek 
·  Pemilihan,  melakukan  pemilihan  dengan  mengingat  segala  keterbatasan  dan 
tujuan yang dicapai. 

Hal-hal yang perlu diketahui dalam membuat suatu Studi kelayakan adalah : 
1.  Ruang lingkup kegiatan proyek/bisnis 
2.  Cara kegiatan proyek/bisnis dilakukan 
3.  Evaluasi terhadap aspek-aspek yang menentukan terhadap keberhasilan suatu 
proyek/bisnis 
4.  Sarana yang diperlukan oleh proyek/bisnis 
5.  Hasil kegiatan proyek/bisnis tersebut 
6.  Akibat (dampak), baik  yang bermanfaat atau tidak dari adanya proyek/bisnis 
tersebut 

Perbedaan intensitas studi kelayakan 

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi intensitas studi kelayakan, yaitu : 
1.  Besarnya dana yang ditanamkan atau dinvestasikan  
2.  Tingka ketidakpastian proyek/bisnis 
3.  Kompleksitas elemen-elemen yang mempengaruhi proyek/bisnis. 

Pembuatan Studi Kelayakan Proyek/Bisnis 

Fase  pertama  dalam  membuat  suatu  studi  kelayakan  proyek/bisnis  adalah 
identifikasi kesempatan usaha, baru kemudian diikuti fase berikutnya. 
Pada  umumnya  tahap-tahap  untuk  melakukan  proyek  investasi  sebagai 
berikut : 

1.  Identifikasi.  Pada  tahap  ini  kegiatan  yang  dilakukan  berupa  menelaah  atau 
melihat adanya kesempatan nvestasi yang mungkin menguntungkan. 
2.  Perumusan.  Pada  tahap  ini  kegiatan  yang  dilakukan  berupa  menerkemahkan 
kesempatan investasi kedalam suatu rencana proyek/bisnis yang kongrit 
3.  Penilaian. Pada tahap ini dilakukan  kegiatan analisis situasi dengan alat analisis 
yang  diperlukan  dan  menilai  aspek-aspek  yang  penting  serta  menentukan 
keberhasilan suatu proyek/bisnis. 
4.  Pemilihan. Berdasarkan  tahap  penilaian  maka  ditentukan  pilihan  proyek/bisnis 
yang menguntungkan. 
5.  Implementasi.  Menyelesaikan  proyek/bisnis  yang  sudah  dipilih  dengan  tetap 
berpegang pada perencanaan dan anggaran yang telah ditentukan. 



Aspek-aspek Studi Kelayakan Bisnis 
1.  Aspek Pasar dan Pemasaran 
2.  Aspek teknis dan Teknologi 
3.  Aspek Manajemen 
4.  Aspek Hukum 
5.  Aspek Lingkungan 
6.  Aspek keuangan 
7.  Aspek Ekonomi dan Sosial 

Alat-alat  analisis  yang  biasanya  digunakan  dalam  suatu  studi  kelayakan 
bisnis, atara lain : 
a.  Peramalan, seperti peramalan permintaan dan peramalan penjualan 
b.  Survey khusus, 
c.  Metode Penilaian Investasi, 
d.  Analisa BEP 
e.  Analisa Sumber dan Penggunaan dana 
f.  Analisa jabatan 
g.  Analisa beban kerja, dan lain-lain. 

III. Penutup 

A.   Evaluasi : 

§  Jelaskan pengertian Studi Kelayakan Bisnis (SKB) 
§  Sebutkan  dan  berikan  penjelasan  tentang  siapa  saja  yang  bisa  memanfaakan 
hasil dari suatu Studi Kelayakan Bisnis (SKB) 
§  Menurut  saudara  hal-hal  atau  masalah  apa  saja  yang  perlu  dinalisa  dalam 
suatu laporan Studi Kelayakan Bisnis (SKB) 

Daftar Pustaka 

A.  Hidayah, Tamriatin.,  2003,  Modul Kuliah SKB, STIE Mandala Jember, Tidak 
dipublikasikan. 
B.  Husnan, Suad.,. Suwarono, 1994, Studi Kelayakan Proyek,  Edisi Ketiga, UPP 
AMP YKP Yogyakarta 
C.  Ibrahim,  Yacob.,  2003, Studi  Kelayakan  Bisnis,  Cetakan  Kedua,  PT.  Rineka 
Cipta, Jakarta. 
D.  Subagyo,  Ahmad,  2007, Studi  Kelayakan,  PT.  Elex  Media  Komputindo 
Kelompok Gramedia, Jakarta. 
E.  Umar, Husein.,  1994, Studi Kelayakan Bisnis, Cetakan Ketiga, Percetakan PT. 
Gramedia, Jakarta

Categories: Share

Leave a Reply