Background

mid semester

ULANGAN TENGAH SEMESTER SATU
SMK SUMPAH PEMUDA
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Mata pelajaran  : Pengetahuan Produk Jam ke  : ..
Kelas : XI Pem. 1 -  4 Komp. Keahlihan  : Pemasaran
Hari/tanggal :.. Nama Guru : Untung Riyadi
Petunjuk : Pilihlah salah satu jawaban yang anda anggap paling benar dengan mengarsir a, b, c, d atau pada LJK.
 
1. Berikut pengetahuan tentang produk yang secara umum perlu dikuasai para pramuniaga tenaga penjualan, kecuali….
a. Informasi tentang latar belakang produk.
b. Penampilan produk
c. Komposisi atau campuran komponen produk
d. Proses pembuatannya dan penggunaannya
e. Cara pemeliharaan dan umur pemakaian
2. Kumpulan berbagai macam informasi mengenai produk disebut….
a. Pengetahuan produk c. Pengetahuan pembelian
b. Pengetahuan pembelian d. Pembuatan suatu produk
e. Menentukan daya beli satu konsumen
3. Perbedaan antara barang dan jasa . Dari segi wujud, maka barang adalah….
a. Kontak dengan konsumen/pengguna jasa tinggi
b. Kualitas produk bersifat subyektif, diantara pengguna jasa
c. Atribut produk sering tidak jelas
d. Pasar sulit diperluas (lebih bersifat local)
e. Nyata/berwujud (tangible)
4. Barang atau jasa yang biasa dibeli pelanggan dalam frekuensi tinggi, dalam waktu cepat..
a. Produk Kebutuhan Harian c. Produk khusus e. Pengetahuan pembelian
b. Produk Belanjaan d. Produk Tidak dicari
5. Agar produk tersebut bisa memberikan manfaat yang maksimal dan kepuasan yang tinggi, maka konsumen harus bia menggunakan atau mengkonsumsi produk tersebut. 
a. Pengetahuan pemakaian c. Pengetahuan pembelian e. Pengetahuan pembuatan
b. Pengetahuan produk d. Pengetahuan penjualan
6. Produk kelompok ini biasanya dibeli konsumen setelah mereka membandingkan baik harga , kualitas maupun spesifikasi lainnya dari pedagang lainnya.
a. Produk kebutuhan harian c. Produk khusus e. Pengetahuan pembelian
b. Produk belanjaan d. Produk tidak dicari
7. Kelompok produk yang memiliki karakteristik istimewa atau unik sehingga pelanggan mau membayar dengan harga tinggi.
a. Produk kebutuhan harian c. Produk khusus e. Pengetahuan pembelian
b. Produk belanjaan d. Produk tidak dicari
8. Konsumen biasanya tidak pernah menyadari bahwa mereka memerlukannya dan karenanya tidak banyak yang berpikir untuk membeli produk kelompok ini.
a. Produk kebutuhan harian c. Produk khusus e. Pengetahuan pembelian
b. Produk belanjaan d. Produk tidak dicari
9. Merupakan tingkatan yang paling dasar, yaitu manfaat atas jasa yang sebenarnya dibeli oleh pelanggan.
a. Produk inti c. Produk dasar e. Produk yang ditingkatkan
b. Manfaat inti d. Produk yang diharapkan
10. Merupakan seperangkat atribut atau kondisi minimal yang diharapkan oleh pembeli ketika membeli produk.
a. Produk inti c. Produk dasar e. Produk yang ditingkatkan
b. Manfaat inti d. Produk yang diharapkan
11. Merupakan produk yang memiliki manfaat tambahan yang lebih daripada expected product.
a. Produk inti c. Produk dasar e. Produk yang ditingkatkan
b. Manfaat inti d. Produk yang diharapkan
12. Barang berwujud biasanya habis dikonsumsi dalam satu atau beberaoa kali pemakaian. Dengan kata lain umur ekonomisnya dalam kondisis pemakaian normal kurang dari satu tahun.
a. Barang yang terpakai habis c. Produk dasar e. Produk yang ditingkatkan
b. Barang tahan lama d. Produk yang diharapkan
13. Merupakan item yang tidak direncanakan untuk dibeli oleh konsumen secara khusus, seperti permen, majalah dan es krim.
a. Produk yang ditingkatkan c. Barang tahan lama e. Barang impulse
b. Barang yang terpakai habis d. Produk dasar
14. Merupakan produk-produk yang dibeli pelanggan dengan memberikan upaya lebih untuk membandingkan dengan produk kompetitor.
a. Attribute-based shoping goods c. Convenience goods e. Specialty goods
b. Price-based shoping goods d. Shopping goods
15. Merupan produk konsumen yang benar-benar diinginkan oleh pelanggan mereka rela mengeluarkan waktu dan uang yang tidak sedikit.
a. Attribute-based shopping goods c. Convenience goods e. Specialty gods
b. Price-based shopping goods d. Shopping goods
16. Merupakan produk yang belum diinginkan atau belum diketahui oleh konsumen potensial untuk dibeli.
a. Attribute-based shopping goods c. Convenience goods e. Specialty goods
b. Price-based shopping goods d. Shopping good
17. Jasa yang sangat mengutamakan pelayanan orang dan perlengkapannya, seperti tukang cukur, salon kecantikan, laundry
a. Personal services c. Banking services e. Investment securities
b. Financial services d. Insutance services
18. Barang berwujud yang biasanya habis dikonsumsi dalam satu atau beberapa kalipemakaian seperti sabun, minuman dan makanan ringan disebut.....
a. Barang tidak tahan lama c. Barang konsumen e. Specialty goods
b. Barang tahan lama d. Barang industri
19. Manfaat yang sebenarnya dibutuhkan dan akan dikonsumsi oleh pelanggan dari setiap produk yaitu....
a. Produk pelengkap c. Produk harapan e. Produk generic
b. Produk utama/inti d. Produk potensial
20. Produk dasar yang mampu memenuhi fungsi produk yang paling dasar, yaitu....
a. Produk pelengkap c. Produk harapan e. Produk generic
b. Produk utama/inti d. Produk potensial
21. Produk formal yang ditawarkan dengan berbagai atribut dan kondisinya secara normal diharapkan dan disepakati untuk dibeli. Contoh tamu hotel menharapkan tempat tidur yang bersih dan tenang, yaitu....
a. Produk pelengkap c. Produk harapan e. Produk generic
b. Produk utama/inti d. Produk potensial
22. Berbagai atribut produk yang dilengkapi atau ditambah berbagai manfaat dan layanan, sehingga dapat memberikan tambahan kepuasan dan bisa dibedakan dengan produk pesaing disebut....
a. Produk pelengkap c. Produk harapan e. Produk generic
b. Produk utama/inti d. Produk potensial
23. Merupakan kondisi memprediksi potensi produk untuk dikembangkan dimasa yang akan datang. Misalnya dirancang kemasan produk yang ramah lingkungan. 
a. Barang tahan lama c. Produk utama/inti e. Rented-goods service
b. Produk pelengkap  d. Conformance to specifications
24. Tingkat kepuasan konsumen dapat ditentukan berdasar pada lima faktor utama yang harus diperhatikan oleh sebuah perusahaan yaitu berikut ini, kecuali...
a. Kualitas produk c. emosional
b. Kualitas pelayanan d. Harga
e. Konsumen tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan
25. Unsur-unsur produk yang mencerminkan pengembangan suatu produk untuk dapat dijadikan dasar pengambilan keputusan pembelian yaitu...
a. Fitur produk c. Kualitas produk e. harga
b. Kualitas pelayanan d. Atribut produk
26. Kemampuan suatu produk dalam memberikan kinerja sesuai dengan fungsinya yaitu..
a. Produk pelengkap c. Kualitas produk e. Desain produk
b. Produk utama/inti d. Fitur produk
27. Sarana kompetitif untuk membedakan produk satu dengan produk-produk pesaing yaitu..
a. Produk pelengkap c. Kualitas produk e. Desain produk
b. Produk utama/inti d. Fitur produk
28. Rancangan adalah totalitas keistimewaan yang mempengaruhi penampilan fungsi produk dari segi kebutuhan pelanggan disebut...
a. Produk pelengkap c. Kualitas produk e. Desain produk
b. Produk utama/inti d. Fitur produk
29. Nama, istilah, tanda, simbol/lambang, desai, warna, gerak, atau kombinasi atribut produk-produk lainnya yang diharapkan dapat memberikan identitas dan diferensiasi terhadap produk pesaing disebut...
a. Fitur produk c. Kualitas produk e. merek
b. Kualitas pelayanan d. Atribut produk
30. Merek juga digunakan untuk beberapa tujuan yaitu di bawah ini, kecuali...
a. Sebagai identitas, yang membedakan produk suatu perusahaan
b. Memudahkan konsumen untuk mengenali nya saat berbelanja
c. Memberikan kinerja sesuai dengan fungsinya
d. Alat promosi, yaitu sebagai daya tarik produk
e. Untuk membina citra
31. Merupakan proses yang berkaitan dengan perancangan dan pembuatan wadah atau pembungkus.
a. Fitur produk c. Kualitas pelayanan e. Atribut produk
b. Pengemasan d. Kualitas produk
32. Merupakan bagian dari suatu produk yang menyampaiakn informasi mengenai produk dari penjual.
a. Produk utama/inti c. Produk potensial e. label
b. Produk harapan d. Produk generic
33. Yaitu nama merek yang diberikan pada produk atau dicantumkan pada kemasan.
a. Fitur produk c. Brand label e. Descriptive label
b. Pengemasan d. Label harga
34. Yaitu label-label yang memberikan informasi obyektif mengenai penggunaan, konstruksi/pembuatan dan kinerja produk.
a. Fitur produk c. Brand label e. descriptive label
b. Pengemasan d. Label harga
35. Label yang mengidentifikasi penilai kualitas produk dengan suatu huruf, angka atau  kata yaitu..
a. Fitur produk c. Brand label e. Grand label
b. Pengemasan d. Label harga.


Categories: Share

Leave a Reply