Background



AFILIASI MARKETING

PENGERTIAN DARI AFILIASI MARKETING

Afiliasi marketing adalah salah satu usaha untuk dapat memperoleh uang di dunia internet atau boleh juga di sebut usaha untuk mencari peluang bisnis yang menghasilkan di dunia maya. AFILIASI MARKETING ini akan membayar kita bila kita dapat menjual barang atau pun jasa yang dari dari affiliate merchant  (pemilik produk tersebut).
            Jenis usaha ini semacam kita menjualkan barang orang lain agar mau membeli barang orang lain yang kita tawarkan tersebut melalui kita. Komisi dari bisnis ini bervariasi dari 10% sampai 50 % terkantung jenis yang kita bantu untuk menawarkannya. Bisnis ini kita tidak perlu berjualan langsung kepada konsumen kita hanya berinteraksi dengan konsumen  dengan menggunakan komputer yang ada internetnya.
 
Macam dari AFILIASI MARKETING adalah :

1.       Pay Per click ( PPC )
Bayar per klik atau di sebut juga PPC  adalah salah satu strategi dari pemasaran online yang power ful jika kita bandingkan dengan teknik pemasaran yang lain kenapa demikian karena dimana pemasang iklan hanya  membayar jika ada konsumen yang mengklik iklan tersebut.

2.       Pay Per Sale ( PPS )
Pemasaran online model ini kita mendapatkan bayaran apa bila kita dapat menjual suatu barang atau jasa yang di tawarkan oleh salah satu perusahaan. dan sistem pembayarannya dengan sistem bagi hasil dan kita dapat persentase dari barang dan jasa yang kita bantu menjualkannya. Dalam pemasaran online ini kita sebagai resellernya sebagai contoh nya adalah perusahaan amazon.com.

3.       Pay Per Lead ( PPL  )
Pay Per Lead atau ( PPL  ) merupakan program yang akan membayar kita jika kita dapat mengajak orang lain untuk menjadi member dalam situs tersebut. Jadi semakin banyak orang – orang yang akan kita ajak untuk bergabung menjadi member maka semakin banyak juga pendapatani yang akan kita terima.

B. Sejarah Pemasaran Affiliate
Kemunculan Web
Beberapa tahun ke belakang, tidak ada yang namanya perdagangan elektronik (e-commerce) sebagaimana kita kenal saat ini. Meskipun Internet sudah ada selama bertahun-tahun, sepanjang riwayatnya ia digunakan hanya oleh militer dan para ilmuwan riset. Seiring dengan teknologinya yang menjadi lebih mudah, orang-orang lain mulai menggunakannya. Peristiwa penting terhadap popularisasi Internet adalah penciptaan World Wide Web –khususnya kemampuan untuk menampilkan gambar dan memainkan suara dari Web, yang mulai muncul sekitar tahun 1994. Peningkatan kemampuan multimedia ini memungkinkan Internet pada akhirnya merembet ke bisnis dan perdagangan. Itu tak memakan waktu lama.
Kemampuan web multimedia itu tidak lama kemudian diikuti oleh kemampuan untuk mengirimkan informasi kartu kredit secara aman (secure) online, yang segera diikuti oleh kemampuan untuk mengolah pembayaran kartu kredit secara real time online. Sebuah jalan baru untuk menjual produk dan jasa telah muncul dalam –rasanya cuma– semalam.
Saluran Distribusi Baru
Internet menyediakan saluran distribusi baru dan sangat berbeda bagi para merchant untuk menjual produk dan jasa mereka kepada konsumen. Konsumen bisa belajar tentang produk, melihat gambar-gambar produk, serta memesannya dari mana pun dan kapan pun, dari kenyamanan rumah atau kantor mereka.
Namun, untuk menjual produk, seorang penjual perlu mendapatkan lalu lintas pengunjung (traffic) ke websitenya melalui iklan. Awalnya ini dilakukan seperti model konvensional, iklan-iklan TV, radio, dan media cetak. Artinya, para penjual pergi ke website-website populer dan menawarkan untuk membayar pemasangan iklan mereka selama suatu jangka waktu teretentu.
Namun, karena Internet berbeda dengan media konvensional, metode-metode pengiklanan baru yang lebih efisien dicari. Relatif gampang untuk menentukan besar pemirsa sebuah stasiun TV atau radio. Begitu juga dengan peredaran media cetak seperti koran dan majalah. Tapi, tidak semudah itu dengan sebuah website. Memang, ada alat hitung (web counter), atau web statistic, tapi tak selalu bisa dipercaya.
Suatu halaman Web yang di-retrieve (dipanggil) dari sebuah server belum tentu dilihat oleh pengunjung/ manusia. Bot-bot dan proses-proses terotomatisasi bisa memanggil halaman-halaman yang tak pernah dilihat oleh manusia sekalipun. Menjadi penting untuk mengetahui apakah tampilan halaman (page view) itu berasal dari sumber yang sama atau apakah mereka adalah "tampilan unik" (unique view) –yaitu orang-orang baru bukannya segelintir orang yang sama berulang-ulang– atau suatu proses terotomat.
Masalah lain adalah bahwa, kecuali iklannya dipasang secara menonjol dan sesuai dengan tema situs penampung, ia tidak akan menghasilkan traffic, sekalipun pengunjung unik website penampung cukup besar. Jadi, membayar biaya sama-rata (flat) untuk menampilkan iklan pada sebuah Website selama suatu jangka waktu tertentu, ternyata tak menguntungkan.
Ketimbang membayar selama jangka waktu tertentu, para pengiklan mulai lebih suka membayar sesuai jumlah klik pada banner-banner mereka. Ukuran-ukuran baku berkembang bagi banner-banner yang digunakan untuk mengiklankan suatu website pada Website lain. Banner-banner bisa memuat kata-kata, gambar-gambar, dan animasi dan berguna sebagai suatu link ke Website pengiklan. Saat anda mengklik banner itu, anda dibawa langsung ke situs yang diiklankan itu.
Jadi, dengan "bayar per klik", jika anda tak mendapatkan lalu lintas, anda tak perlu membayar. Ini memotivasi Webmaster situs penampungnya untuk menaruh banner itu secara efektif pada situs itu agar ia dapat menarik lalu lintas. Tapi, "bayar per klik" pun memiliki masalah-masalah sendiri. Klik-klik bisa juga terotomat dan para penampung (host) yang jahat bisa curang. Klik-klik juga perlu berasal dari "pengunjung unik" (unique viewers) agar efektif.
Para penjual akhirnya jadi lebih suka membayar hanya ketika suatu penjualan benar-benar dihasilkan atau seseorang setidaknya berinteraksi dengan situs itu dengan mengikuti program opt-in. Sarana bagi pembayaran hanya untuk penjualan-penjualan atau opt-in pada situs anda, dari orang-orang yang dikirim oleh situs penampungnya menjadi dikenal sebagai "program-program affiliate."


Bagi anda yang belum pernah memulai pemasaran affiliasi mungkin kesulitan dalam menjalankannya. Dengan bantuan Internet, Anda mampu mencari segalanya yang anda butuhkan. Hanya dengan beberapa klik Anda mendapatkan akses ke ribuan bahkan jutaan informasi dan data pada hampir semua bidangyang ada.lalu bagaimana Cara Terbaik bagi pemula dalam memulaipemasaran Afiliasi

Seperti tahun-tahun yang sebelumnya, Internet terus menerus membuat perubahan yang radikal dalam banyak segi usaha manusia, termasuk perdagangan. Para ahli mengatakan bahwa ruang informasi, umumnya dikenal sebagai dunia informasi makin lama makin tumbuh dengan lebih dari satu juta halaman sehari-hari dan semakin banyak orang memanfaatkan internet untuk mencari informasi, pendidikan, hiburan, bisnis dan lain lain.

Keadaan ini dapat digunakan bagi pelaku bisnis untuk mengenalkan produknya dimasyarakat, terutama bagi yang sudah terlebih dulu mengenal bisnis online. Trus bagaimana bagi pemula yang ingin menekuni dan terjun kedalam pemasaran affiliasi, apakah ada cara tersendiri untuk bisa mengikuti orang orang yang sudah sukses terlebih dahulu.

Ya ada, dengan perkembangan internet yang semakin tumbuh mendorong kita untuk lebih bisa memanfaatkan peluang yang ada. Cara terbaik bagi pemula yang ingin memulai pemasaran affiliasi adalah dengan cara terjun secara langsung. Belajar dari satu produk yang benar benar bagus dan menerapkannya sebagai bisnis walaupun dengan affiliasi.

Dengan cara ini anda akan memperoleh pengalaman yang lebih berguna daripada hanya berdiam saja tanpa melakukan apa apa.

Apa saja Cara Terbaik bagi pemula dalam memulai pemasaran Afiliasi :

1.carilah tempat belajar yang baik

Tempat belajar disini adalah sebuah media untuk belajar dari ahlinya atau informasi yang berkaitan dengan kegiatan affiliasi. Anda dapat mengunjungi situs situs yang memberikan informasi seputar affiliasi, banyak sekali diinternet informasi semacam ini. Selain itu anda bisa juga belajar dari berbagai ebook gratis yang memberikan informasi tentang bisnis online terutama dalam affiliasi

2.Belilah produk pembelajaran

Coba anda beli satu produk terlebih dulu dan cobalah belajar dari sana. Dengan cara ini selain anda mendapat ilmu anda akan mencoba bergabung dengan jenis bisnis affiliasi dari program penjualan produk yang anda beli tersebut. Carilah satu produk yang terdapat link affiliasi didalamnya. Jangan takut sebelum anda melakukannya. Pahami dan jalankan

3.Lakukan dengan segera

Setelah anda mendapatkan ilmu dari produk tersebut, saatnya anda terjun ke program affiliasi. Anda bisa memasarkan url anda dengan beberapa cara, mungkin pernah saya tulis sebelumnya strategi dalam melakukan affiliasi. Anda bisa melakukan promosi affiliasi langsung dari link anda, maupun anda menggabungkannya dengan blog atau website pribadi anda. Yang terpenting segera anda bertindak. Cari program yang bagus menurut anda sambil anda mengembangkan bisnis anda. Jalanlah secara pelan pelan

Itulah ke 3 Cara Terbaik bagi pemula dalam memulai pemasaran Afiliasi jika anda benar benar ingin menekuninya.semoga posting kali ini bisa memberi manfaat untuk anda. Semoga sukses menjalankan program affiliasinya. Segeralah bertindak, jangan takut investasikan sedikit uang anda



Categories: Share

Leave a Reply