Background

soal MPTdLP XII Pemasaran KTSP

1.      Komunikasi yang terjadi antara komunikator dan komunikan secara langsung berhadap-hadapan disebut :


a.                   komunikasi tatap
b.                  komunikasi bisnis
c.                   komunikasi verbal
d.                  komunikasi langsung
e.                   komunikasi visual


2.      Proses pertukaran informasi  antara individu-individu melalui sistem biasa baik dengan simbol-simbol, sinyal-sinyal, maupun perilaku, pengertian komunikasi menurut :


a.                   Wilbur Scharm           
b.                  Kamus Besar Bahasa Indonesia       
c.                   Kamus Bahasa Inggris
d.                  William C. Himstrect             
e.                   Henry Fayol


3.      Ide, gagasan, dan keinginan dari komunikator kepada komunikan disebut …


a.                   Pesan  
b.                  Komunikan    
c.                   Media 
d.                  Komunikator  
e.                   Feed Back


4.      Berikut ini adalah yang merupakan sarana komunikasi bermedia nirmasa adalah :


a.                   Bioskop          
b.                  Faksimiliki                  
c.                   Radio 
d.                  Televisi                       
e.                   Majalah


5.      Bagian telepon yang berfungsi sebagai penerima percakapan (telepon)  pada pesawat gagang telepon disebut :


a.                   mikrofon        
b.                  earphone         
c.                   power 
d.                  converter        
e.                   diafragma


6.      Seorang Ustad yang menyampaikan dakwah  di depan jamaah,maka ustad tersebut dalam komunikasi sebagai:


a.                   komunikan
b.                  pesan  
c.                   ide atau gagasan
d.                  komunikator   
e.                   umpan balik


7.      Bagian gagang telepon yang disebut mikrofon berfungsi untuk…


a.                   berbicara
b.                  merekam suara
c.                   memindahkan panggilan
d.                  mendengarkan
e.                   mengatur tinggi rendah suara


8.      Jika penelepon bersedia meninggalkan pesan, kita harus mencatat pada lembar…


a.                   lembar kwitansi
b.                  buku agenda
c.                   buku besar
d.                  formulir penerimaan telefon
e.                   buku jurnal


9.      Setiap kali telepon berdering , harus segera diangkat, jangan sampai dering telepon berbunyi lebih dari…


a.                   satu kali
b.                  dua kali
c.                   tiga kali          
d.                  empat kali
e.                   lima kali


10.  Berikut ini merupakan media komunikasi yang  disebut  teleprinter  exchange yaitu…


a.                   Telex              
b.                  Telepon          
c.                   Intercom                     
d.                  Wireless          
e.                   Earphone


11.  Berikut ini merupakan salah satu mesin bisnis yang berfungsi sebagai alat komunikasi adalah


a.                   cash register   
b.                  mesin ATM                
c.                   mesin hitung   
d.                  kalkulator         
e.                   telepon


12.  Alat ini biasanya untuk komunikasi antar ruangan di kantor atau di toko, yaitu…


a.       Telepon
b.         Intercom 
c.          Wireles Intercom
d.         Pager       
e.          Headphone


13.  Pada pesawat wireless intercom, untuk memanggil maka tombol yang harus ditekan adalah…


a.                   Hold               
b.                  Call
c.                   LNR
d.                  Talk
e.                   Lock


14.  Pada waktu bicara tombol ini  harus selalu ditekan pada saat mengunakan wireless intercom.


a.                   Call                 
b.                  LNR               
c.                   Talk                
d.                  Lock   
e.                   End


15.   Bagaimana cara melakukan pemanggilan yang benar menggunakan telepon
a. Angkat gagang telepon, bicara, tutup telepon
b. Angkat gagang telepone, tekan nomor tujuan, letakan gagang telepon
c. Tekan nomor tujuan, lakukan pembicaraan, letakan gagang telepon
d. Angkat gagang telepon, tekan nomor tujuan, setelah tersambung lakukan pembicaraan, letakan gagang telepon jika telah selesai.
e. Tekan Redial, angkat telepon, lakukan pembicaraan
16.   Berikut merupakan tombol untuk melakukan pemanggilan ulang kembali nomor telepon yang di tuju.



a. Hold
b. Flash
c. Redial
d. LCD
e. Pause


17.   Dengan tidak menggangkat gagang telepon kita bisa melakukan pembicaraan lewat telepon dengan menggunakan fasilitas



a. Transfer
b. Speakerphone
c. Auto memori
d. Intercome
e. Coline


18.   Pada saat kita menerima panggilan apa yang harus dilakukan oleh si penerima
a. Angkat gagang telepon, beri salam, lakukan pembicaraan, catat hal penting tutup telepon
b. Beri salam, lakukan pembicaraan, catat hal penting, tutup telepon
c. mencatat telepon masuk, beri salam, dan tutup telepon
d. Tekan nomr telepon, beri salam, lakukan pembicaraan, tutup telepon
e. Ucapkan Hallo, lakukan pembicaraan, catat hal penting, tutup telepon.
19.   Berikut etiket berkomunikasi lewat telepon yang harus di perhatikan
a.Kebersihan pesawat, kejernihan suara, volume suara
b.Intonasi dan nada bicara, kecepatan bicara, pengucapan bahasa
c. Biarkan telepon berdering 3 kali, angkat gagang telepon
d. Ucapkan salam, catat hal penting, tutup gagang telepon
e. Bila salah sambung langsung di tutup
20.   Bila telepon mengalami gangguan pihak-pihak yang harus di hubungi diperusahaan anda tempat bekerja
a.Teknisi, pimpinan, bagian keuangan, bagian sarana
b.Teknisi, operator selular, server
c. Teknisi HP
d. Bagian service, bagian sarana
e. Pimpinan, Bagian Sarana dan prasarana
21.   Langkah-langkah menelepon keluar negeri adalah…………
                  a.  Tekan kode operator, kode Negara, kode provinsi, nomor telepon
                  b.  Tekan kode operator, kode Negara, kode wilayah, nomor telepon
                  c.  Tekan kode operator, kode internasional, kode Negara, kode wilayah, nomor telepon
                  d.  Tekan 001, kode Negara, kode wilayah, nomor telepon
                  e.  Tekan 007, kode Negara, kode wilayah, nomor telepon
22.   Yang dimaksud dengan tarif premium adalah …………..
                  a.  Tarif percakapan / SMS mendapatkan / mengirim konten tertentu
                  b.  Tarif percakapan / SMS yang mahal
                  c.  Tarif promo pada setiap operator seluler
                  d.  Tarif percakapan / SMS dengan mengirimkan data pribadi
                  e.  Tarif percakapan / SMS dengan mengikuti kuis yang diselenggarakan operator
23.   Nomor kode awal untuk operator GSM AS   adalah ………… 


                 a.  0859xxx                                                       
                                                                                                b.  0878xxx                                                       
                  c.  0852xxx
                  d.  0812xxx
                  e.  0838xxx


24.   Jika penelepon meminta kamu menyampaikan pesan untuk pimpinan, kamu harus menjawab……


                 a.  Nanti saya sampaikan
                 b.  Pesan bapak akan saya sampaikan
                 c.  Jelas pak, akan saya sampaikan
                 d.  Sudah pak, akan saya sampaikan
                 e.  Iya pak, nanti disampaikan


25.   Yang dimaksud dengan conference call pada penggunaan hand phone adalah…………
                 a.  Pembicaraan dilakukan bersama dengan teman
                 b.  Pembicaraan bisa dilakukan dengan banyak lawan bicara
                 c.  Pembicaraan telepon dalam siding atau konferensi
                 d.  Pembicaraan telepon dua arah
                 e.  Pembicaraan telepon diluar daerah secara bersamaan
26.   Saat menelepon……………….
                 a.  Letakan gagang telepon kurang lebih 5 cm
                 b. Tanyakan kabat terlebih dahulu
                 c.  Apabila telah tersambung segera ucapkan salam
                 d.  Suara harus keras
                 e.  Jika sudah selesai berbicara segera tutup telepon
27.   Saat menerima telepon sebaiknya kita melakukan hal-hal berikut ini, kecuali………….
                 a.  Paksa si penelepon untuk menyebutkan namanya
                 b.  Jika salah sambung, telepon langsung ditutup
                 c.  Menyebutkan identitas diri/perusahaan
                 d.  Tidak perlu melakukan transfer jika penelepon salah menekan ekstensi
                 e.  Jika penelepon berbicara hal yang tak penting langsung tutup telepon
28.   Menelepon saudara diluar daerah termasuk………………..


                 a.  Telepon local
                 b.  Telepon interlokal
                 c.  Telepon SLJJ
                 d.  Telepon selular
                 e.  Interphone


29.   Beberapa kelemahan yang dimiliki operator berbasis CDMA dibandingkan dengan operator berbasis GSM antara lain, adalah…………………


                  a.  Suara kurang jernih
                 b.  Pengiriman pesan singkat lebih lambat
                  c.  Tidak bisa menelepon ke luar negeri
                 d.  Biaya pulsa lebih mahal
                 e.  Ada batasan wilayah untuk nelepon


30.   Jenis-jenis pesawat yang biasanya digunakan oleh perusahaan berskala besar adalah………….


                 a.  Telepon meja
                 b.  Telepon dinding
                 c.  Telepon pengeras suara
                d.  Telepon tanpa kabel (nirkabel)
                e.  Telepon dengan banyak jalur


31.   System hubungan telepon dimana setiap saluran telepon dapat dilakukan tanpa melalui perator yakni dengan menekan kode tertentu terlebih dahulu dinamakan system…………


                 a.  GSM
                 b.  CDMA
                c.  Telex
                d.  PABX
                e.  Intercom


32.   Pengiriman naskah atau dokumen biasa dilakukan oleh instansi pemerintahan dengan menggunakan……………….


                 a.  Kantor pos
                 b.  Kurir
                c.  E-mail
                d.  Faximile
                e.  Telegrafh


33.   Berikut ini adalah alat penerima telepon, kecuali…………….


                 a.  Pesawat telepon
                 b.  Alat tulis
                 c.  Kalender meja
                d.  Meja telepon
                e.  Daftar nomor telepon


34.   Dalam bertelepon kita sebaiknya berbicara………………


                 a.  Singkat
                 b.  Dua kalimat saja
                 c.  Tidak lebih dari 5 menit
                d.  Seperlunya
                e.  Sesuka hati


35.   Komunikasi merupakan proses jalur informasi dan pengeretian dari seorang ahli, adalah pengertian menurut…..


                 a.  Ensiklopedi administrasi
                 b.  Phil Astrid Santosa
                 c.  Kamus Bahasa Indonesia
                d.  Keith Davis
                e.  Richard Emerson


36.   Kata etika berasal dari bahasa Yunani… yang artinya kebiasaan.


                 a.  Etis
                 b.  Ethos
                c.  Ethis
                d.  Ethisme
                e.  Ethosme


37.   Di bawah ini yang bukan merupakan hubungan etiket antara perusahaan dengan karyawan adalah…


                 a.   Training
                 b.   Promosi
                c.   Demosi
                d.   Service
                e  Mutasi


38.   Tujuan komunikasi yang  dilakukan penjual terhadap pembeli adalah ......
a.     Untuk mengenalkan produk
b.     Menawarkan produk
c.     Sekedar berkomunikasi
d.     Sekedar beramah tamah
e.      Mengubah tingkah laku agar terjadi pembelian terhadap produk
39.   Di bawah ini termasuk media komunikasi yang bersifat audio yaitu .......


a.                TV
b.                Radio
c.       Majalah
d.      Media cetak
e.      reklame


40.   Di bawah ini adalah etika dalam melakukan konfirmasi pada pelanggan dengan pesawat telepon ....
a.   angkat gagang telepone dengan tangan kanan
b.   angkat gagang telelpone dengan tangan kiri
c.   duduk bersandar di kuirsi
d.   dengan melakukan pekerjaan lainnya
e.   bahasa yang digunakan adalah bahasa pergaulan




Categories: Share

Leave a Reply