Background

UAS MANAJEMEN PEMASARAN



SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER
STIE GOTONG ROYONG JAKARTA
ROMBEL CILEDUG

MATA KULIAH      : MANAJEMEN PEMASARAN
HARI/TANGGAL    : SELASA, 8 DESEMBER 2015
DOSEN                      : DRS. UNTUNG RIYADI, M.M,M.PD.
WAKTU                    : 90 MENIT
 

SOAL:
1.    1.   Pemasaran hubungan/relationship marketing adalah salah satu trend pemasaran terpanas saat ini. Para pakar mendefinisikan istilah tersebut dengan banyak cara namun hasil akhirnya adalah selalu “memahami pelanggan, dengan lebih baik sehingga kita  dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka dengan lebih baik”
            Tulislan empat transaksi yang Anda lakukan, dan tentukan apakah masing-masing transaksi tersebut sangat memuaskan, cukup, tidak memuaskan, atau sangat tidak memuaskan. Untuk tiap-tiap pengalaman yang anda anggap tidak memuaskan tersebut, apakah yang dapat dilakukan perusahaan atau wiraniaga untuk memperbaikinya? Untuk pengalaman yang anda anggap memuaskan, factor khusus apa yang membuat anda puas?
2.    2.  Peter Drucker telah mengamati bahwa tugas pertama perusahaan adalah “Untuk menciptakan pelanggan”. Faktor-faktor lingkungan apa saja yang menyebabkan semakin pentingnya usaha memuaskan pelanggan ? Sebutkan beberapa perusahaan nasional yang telah menjadikan “kepuasan pelanggan” sebagai salah satu sasaran utama mereka.
3.      3. Telah bertahun-tahun “PT MetroMini” menghadapi persaingan ketat dari peningkatan kepemilikan Mobil dan Motor di Jakarta. Pada tahun 1990 an Metromini mengalami kejayaan dengan hampir dapat melayani seluruh trayek di Jakarta dan sekitarnya, tetapi di era 2000 an pangsa pasar nya menurun hingga tinggal 15 % (tahun 2015). Buatlah analisis SWOT untuk Metromini dan buatlah rekomendasi berdasarkan analisis Anda.
4.      4. Anda adalah Direktur Pemasaran dari pabrik makanan dalam kaleng. Atasan Anda ingin mengetahui berapa banyak toko yang menampung produk biscuit anda. Karena anda menjual lewat pedagang perantara, anda tidak mengetahui jawabannya. Atasan anda menginginkan jawaban dalam 3 hari, bagaimana cara menemukan jawabannya?
5.     5.  Perusahaan manakah yang dapat diserang oleh pesaing. Berikan analisa anda.


6.  6.   Pemasaran Berdasarkan Hubungan / Faktor Kunci terdapat 5 jenis pemasaran yaitu, Pemasaran Dasar, Pemasaran Aktif , Pemasaran Bertanggung jawab, Pemasaran proaktif, dan  Pemasaran kemitraan, Jelaskan satu persatu.
7. 7.     Jelaskan perbedaan Sistem Informasi Pemasaran (SIP) dan Intelijen Pemasaran?.


Categories: Share

Leave a Reply