UAS MANAJEMEN PEMASARAN
SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER
STIE
GOTONG ROYONG JAKARTA
ROMBEL
CILEDUG
MATA KULIAH : MANAJEMEN PEMASARAN
HARI/TANGGAL : SELASA, 8 DESEMBER 2015
DOSEN :
DRS. UNTUNG RIYADI, M.M,M.PD.
WAKTU :
90 MENIT

SOAL:
1. 1.
Pemasaran
hubungan/relationship marketing adalah
salah satu trend pemasaran terpanas saat ini. Para pakar mendefinisikan istilah
tersebut dengan banyak cara namun hasil akhirnya adalah selalu “memahami
pelanggan, dengan lebih baik sehingga kita
dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka dengan lebih baik”
Tulislan empat transaksi yang Anda
lakukan, dan tentukan apakah masing-masing transaksi tersebut sangat memuaskan,
cukup, tidak memuaskan, atau sangat tidak memuaskan. Untuk tiap-tiap pengalaman
yang anda anggap tidak memuaskan tersebut, apakah yang dapat dilakukan
perusahaan atau wiraniaga untuk memperbaikinya? Untuk pengalaman yang anda
anggap memuaskan, factor khusus apa yang membuat anda puas?
2. 2.
Peter
Drucker telah mengamati bahwa tugas pertama perusahaan adalah “Untuk
menciptakan pelanggan”. Faktor-faktor lingkungan apa saja yang menyebabkan
semakin pentingnya usaha memuaskan pelanggan ? Sebutkan beberapa perusahaan
nasional yang telah menjadikan “kepuasan pelanggan” sebagai salah satu sasaran
utama mereka.
3.
3. Telah
bertahun-tahun “PT MetroMini” menghadapi persaingan ketat dari peningkatan
kepemilikan Mobil dan Motor di Jakarta. Pada tahun 1990 an Metromini mengalami
kejayaan dengan hampir dapat melayani seluruh trayek di Jakarta dan sekitarnya,
tetapi di era 2000 an pangsa pasar nya menurun hingga tinggal 15 % (tahun 2015).
Buatlah analisis SWOT untuk Metromini dan buatlah rekomendasi berdasarkan
analisis Anda.
4.
4. Anda
adalah Direktur Pemasaran dari pabrik makanan dalam kaleng. Atasan Anda ingin
mengetahui berapa banyak toko yang menampung produk biscuit anda. Karena anda
menjual lewat pedagang perantara, anda tidak mengetahui jawabannya. Atasan anda
menginginkan jawaban dalam 3 hari, bagaimana cara menemukan jawabannya?
5. 5.
Perusahaan
manakah yang dapat diserang oleh pesaing. Berikan analisa anda.

6. 6.
Pemasaran
Berdasarkan Hubungan / Faktor Kunci terdapat 5 jenis pemasaran yaitu, Pemasaran
Dasar, Pemasaran Aktif , Pemasaran Bertanggung jawab, Pemasaran proaktif,
dan Pemasaran kemitraan, Jelaskan satu
persatu.
7. 7.
Jelaskan
perbedaan Sistem Informasi Pemasaran (SIP) dan Intelijen Pemasaran?.