RPP IPS IX
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : SMP Sumpah Pemuda
Mata Pelajaran : Imu Pengetahuan Sosial Terpadu
Kelas / Semester : IX / 1
Pertemuan
ke : 1 dan 2
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Standar
Kompetensi :
1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia
Kompetensi
dasar : 1.1
Mengidentifikasi
ciri-ciri negara berkembang dan negara maju
Indikator :
• Mengidentifikasi
ciri-ciri negara berkembang dan negara maju.
• Membuat peta wilayah negara
berkembang dan negara maju.
• Memberi contoh negara-negara yang tergolong
kedalam negara berkembang dan negara maju beserta alasannya
Terintegrasi pada :
Pendidikan
|
Ya
|
Tidak
|
Disiplin
|
ü
|
|
Rasa
Hormat dan perhatian
|
ü
|
|
Tekun
|
ü
|
|
Tanggung
jawab
|
ü
|
|
Ketelitian
|
P
|
|
Anti
Korupsi
|
|
P
|
I. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah materi diajarkan siswa dapat :
·
Merumuskan
ciri-ciri negara maju dan negara berkembang dengan benar
·
Menunjukkan pada peta persebaran negara-negara
maju dan negara-negara berkembang di dunia berdasarkan data PBB dengan tepat
·
Menunjukkan pada
peta dunia tentang persebaran negara-negara maju dan negara-negara berkembang
dengan tepat.
II. Materi Pokok :
Ciri-ciri negara berkembang dan negara maju.
Persebaran
negara-negara berkembang dan negara-negara
maju di dunia.
Negara-negara
yang digolongkan sebagai negara berkembang dan negara maju.
III. Pendekatan / Strategi /
Metode Pembelajaran :
§ Strategi : Tehnik Jigsaw
§ Metode : Diskusi
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN :
Pertemuan Ke -1
1. Kegitan
Awal :
Ø
Mengawali
pembelajaran dengan melakukan presensi dan berdoa
Ø
Guru
melakukan tanya jawab tentang hal-hal terkait dengan negara negara maju dan
berkembang
Ø
Guru
menyampaikan KD, Indikator, Batasan Materi Buku dan tujuan pembelajaran
Ø Guru memberikan batasan materi yang terkait dengan
indikator
2. Kegiatan Inti :
A. Eksplorasi
Ø
Kelas dibagi menjadi 5 kelompok, tiap
kelompok terdiri dari 8 siswa. Dengan
cara menghitung 1 sampai dengan 8 ( jumlah siawa dalam satu kelas 40 )
Ø
Nama
untuk lima kelompok tersebut : A B C
D E
|
|
|||||||||
|
|
|||||||||
|
Tiap kelompok mendapat 8 kartu yang berisi nama sebuah negara yang berbeda ( disebut kelompok awal )
Tiap anggota kelompok mendapatkan permasalahan yang
berbeda.
|
Kelompok dengan nomor yang sama berkumpul menjadi satu (
disebut kelompok ahli ).
Masing-masing kelompok ahli mendiskusikan masalah yang
dihadapi sesuai dengan pertanyaan dalam kartu yang diterima
|
6a 6b 6c 6d 6e
|
Ø
Setelah selesai mendiskusikan masalah dalam kelompok ahli, maka
masing-masing anggota kelompok kembali ketempat awal
|
7a 7b 7c 7d 7e
|
8a 8b 8c 8d 8e
|
|
|||||||
|
|
||||||
|
|||||||
B.
Elaborasi
Ø
Masing-masing
siswa ( kelompok ahli ) menyampaikan hasil diskusi kepada kelompok nya (Sebelumnya Guru memberikan rambu-rambu
ketertiban dan jika timbul kegaduhan, toleransi dikedepankan)
Ø
Secara
bergantian masing-masing kelompok mempresentasikan
hasil diskusinya .
Ø
memberikan
kesempatan kepada tiap kelompok untuk menanggapi hasil diskusi kelompok, yang
dapat berupa : pertanyaan, masukan/saran, usul perbaikan dll.
Ø
Kelompok
mencatat pertanyaan , masukan , usul , dan saran dari kelompok lain
C. Konfirmasi
Ø
Guru
memberikan klarifikasi atas presentasi kelompok.( memberikan pelurusan jika
terjadi salah konsep ).
Ø Guru memotivasi
siswa yang kurang aktif.
3. Kegiatan Akhir :
§
Melaporkan
hasil diskusi yang berupa catatan, jawaban dari pertanyaan, usul , saran dari
kelompok lain.
§
Mengadakan
Post Test
§
Memberi
tugas mempelajari materi dan mengerti indikator untuk
Pertemuan
berikutnya
Pertemuan Ke -2
1.
Kegitan Awal :
Ø
Mengawali
pembelajaran dengan melakukan apersepsi dan berdoa
Ø
Guru
melakukan tanya jawab tentang hal-hal terkait dengan negara -Eropa, Asia, Amerika, afrika dan Australia
Ø
Guru
menyampaikan KD , indikator dan tujuan pembelajaran
Ø
Guru
memberikan materi yang terkait dengan kelompok negara maju dan negara
berkembang , negara kaya dan miskin, negara industri dan negara agraris.
2. Kegiatan
Inti :
|
1.
Siswa
dikelompokkan ke dalam = 4 / 5 anggota tim
- Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang
berbeda
- Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang
ditugaskan
- Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari
bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk
mendiskusikan sub bab mereka
- Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap
anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim
mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya
mendengarkan dengan sungguh-sungguh
- Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi,memberikan
kelompok lain untuk bertanya, saran, usulan dan tim mencatat dan menjawab
secara lisan dan tertulis.
- Guru
memberi evaluasi
3. Kegiatan Akhir :
§
Menyimpulkan
hasil diskusi kelompok
§
Mengadakan
Post Test
§
Memberi
tugas mempelajari materi untuk Pertemuan
berikutnya
V Alat/Sumber Belajar :
v Seri Pengetahuan Sosial, Sosiologi dan Geografi untuk
SMP, Dra. Dwi Sukanti LN dkk Penerbit Ganeca Exact Bandung.
v Multi Media
v Globe,
Atlas, dan Peta
VI Penilaian
1. Tes
tertulis : Essay dan pilihan ganda
2. Non Tes :
a.
Penilaian terhadap unjuk kerja berupa presentasi
dan laporan tertulis hasil diskusi kelas
b. Penilaian proses, dan portofolio
c. instrument
dan pedoman penilaian terlampir
INSTRUMEN
PENILAIAN
1. A. Tes tertulis bentuk Essay
1.
Sebutkan
3 ciri negara berkembang ?
2.
Sebutkan
3 ciri negara maju ?
3.
Sebutkan
2 negara berkembang di Asia !
4.
Sebutkan
2 negara maju di Asia !
5.
Sebutkan
negara Super Power !
B.
Kunci Jawaban :
1. Ciri-ciri negara berkembang :
2.
Ciri-ciri negara maju :
3. 2 negara berkembang di Asia : India.
Indonesia, Malaysia, Singapura dll
4. 2 negara maju di Asia : Jepang,
Korea Selatan, China
5.
Amerika Serikat.
C. Penilaian
Setiap soal apabila benar ( dengan sempurna ) diberi skor
20, apabila keliru ( tidak sempurna ) diberi skor dibawah 20 ( sesuai dengan
kebijakan guru ), dan apabila salah sama sekali diberi skor 0. Jadi nilai
tertinggi 100dan terendah 0.
2.
A. Pilihan Ganda
1. Salah satu ciri negara berkembang
adalah ......
a. tingkat pendapatan
penduduk tinggi
b. penggunaan teknologi
modern
c. perekonomian dibidang
pertanian
d. GNP tinggi
2.
Salah satu ciri negara maju adalah..........
a. angka harapan hidup
tinggi
b. angka pengangguran
tinggi
c. angka pertumbuhan
penduduk tinggi
d. angka kelahiran
tinggi
3.
Di bawah ini negara-negara yang
tergolong negara berkembang yaitu....
a. Australia, Jepang,
Somalia
b. Indonesia, India,
Laos
c. Indonesia, Jepang ,
Malaysia
d. Amerika Serikat,
Inggris, Belanda
4.
Di bawah ini salah satu negara maju di Asia, yaitu.........
a. Irak b.
Jepang c. Indonesia d. Brunei
5. Pendapatan Per
Kapita penduduk Arab Saudi tergolong tinggi,
berasal dari sektor penjualan jasa pariwisata, Arab Saudi tergolong
negara....
a. maju b. Berkembang c.
Miskin d. Dunia
B. Kunci Jawaban:
1. c 2.
A 3. b 4.
B 5. A
C . Penilaian:
Untuk
menilai pada jawaban benar diberikan nilai/skor 20 dan jika jawaban salah
diberikan skor 0(nol)
1.1. Pengamatan Perilaku
Penilaian afektif dapat dilakukan ketika
proses pembelajaran secara kelompok untuk mengobservasi prilaku siswa, dengan
menggunakan format berikut ini .
Format
Penilaian Diskusi Kelompok
No
|
Nama
|
Aspek yang di Nilai
|
Total
Score
|
Presentasi
|
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan
Mengemukakan
Pendapat
|
Kerjasama
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PENILAIAN UNJUK KERJA
LAPORAN HASIL DISKUSI
KELOMPOK : Kelas
:
Anggota kelompok : 1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
No
|
Pemberi
saran/pertanyaan
|
Pertanyaan
/usul/saran
|
Tindak
lanjut/jawaban
|
Nilai
|
|
|
|
|
|
Mengetahui Jakarta.
Juli 2012
Kepala SMP SUMPAH PEMUDA Guru Mata Pelajaran
DRS. JARKASIH Untung Riyadi,
S.Pd. MM
|